Tag Archives: Kontak

Cara Mengatur Kontak Secara Digital dengan Mudah

http://www.bornwedding.net – Buku alamat yang terorganisir, up-to-date, dan sepenuhnya didukung akan menjadi┬áimpian saya menjadi kenyataan. Orang-orang yang harus mengganti telepon tanpa diduga, entah karena hilang, dicuri, atau rusak parah, tahu betapa pentingnya mengatur kontak mereka. Kita semua pernah melihat teman yang posting di media sosial, “Saya kehilangan telepon saya, kirimi saya nomor ini dan katakan siapa Kamu sebenarnya.”

Banyak telah mencoba memecahkan masalah memiliki kontak yang tersebar yang tersimpan di beberapa database yang berbeda. Saya sudah mencoba banyak dari mereka, dan kebenaran yang menyedihkan adalah saya tidak pernah menemukan satu yang memiliki semua fitur yang saya inginkan dalam sebuah buku alamat terpusat.

Beberapa tahun yang lalu, saya bereksperimen dengan metode ad-hoc untuk menghasilkan daftar kontak khusus, kebanyakan dengan menggunakan IFTTT (If This Then That). Itu bukan kegagalan total, tapi akhirnya menghasilkan spreadsheet, yang tidak terlalu ramah pengguna atau menyenangkan untuk dicari dari perangkat seluler.

Mencari Duplikasi Kontak
Mencari Duplikasi Kontak

Jika Kamu ingin memiliki banyak kontrol, bagaimanapun, membuat daftar kontak Kamu sendiri mungkin cara untuk pergi. Pastikan untuk mendukungnya dan simpan di tempat yang dapat diakses oleh Kamu dari perangkat mobile sehingga Kamu dapat melakukan panggilan telepon dan menarik alamat orang saat Kamu berada di kiriman surat pos (dua kasus penggunaan terpenting saya, selain dari e-mail).

Sejumlah aplikasi seluler melakukan pekerjaan yang layak untuk menggabungkan dan menyinkronkan informasi dan mengatur kontak dari banyak sumber. FullContact (Android, iOS, web) lumayan bagus. Kamu menghubungkannya ke akun email dan layanan online lainnya yang memiliki daftar kontak yang terkait dengannya, dan menggabungkan database menjadi satu tempat. Tapi kemudian melakukan sesuatu yang berbeda. FullContact menjelajahi web untuk mendapatkan informasi terbaru tentang orang-orang yang sama.

Ketika saya mulai menulis artikel ini, saya tidak menggunakan FullContact dalam beberapa saat, jadi saya mengelola kontak saya melalui proses sulapnya. Pada awalnya, saya terkejut mengetahui bahwa seorang editor tingkat tinggi yang saya kenal sekarang rupanya juga adalah presiden sebuah organisasi yang berkecimpung dalam periklanan! Betapa larisnya, pikirku.

Tapi mereka saya menggali secara online untuk informasi lebih lanjut dan ternyata itu adalah orang lain dengan nama yang sama. Sayangnya, FullContact tidak memberi saya cukup konteks untuk menyadari bahwa saya berurusan dengan orang yang salah, yang merupakan masalah yang mungkin Kamu hadapi dengan aplikasi ini juga. Ketika saya mencari sendiri, saya tahu saat saya melihat foto pria itu bahwa itu adalah kasus identitas yang keliru.

Cloze (Android, iOS, web) adalah aplikasi lain yang telah saya ubah hingga sekarang dan kemudian selama bertahun-tahun, meskipun ini menjadi aplikasi kontak pelanggan yang lebih banyak daripada aplikasi untuk mengatur kontak. Seperti Full Contact, Cloze memulai dengan meminta Kamu untuk menghubungkan berbagai akun, dan kemudian mengumpulkan semua yang Kamu miliki.

Fitur tanda tangannya, bagaimanapun, adalah bahwa ia terhubung dengan akun media sosial juga, memberi Kamu lebih banyak wawasan tentang apa yang dilakukan kontak Kamu, bukan hanya cara menghubungi mereka. Dalam menganalisa bukan hanya kontak Kamu tapi interaksi yang Kamu miliki dengan mereka dan frekuensi, Cloze mengidentifikasi orang-orang yang secara teoritis paling penting bagi Kamu, setidaknya dari perspektif yang semakin maju.

Masalah besar dengan Cloze dan FullContact adalah Kamu hanya mendapatkan begitu banyak dari mereka sebelum Kamu harus membayar biaya berlangganan yang lumayan, masing-masing dengan harga $ 159 dan $ 99 per tahun.

Selagi saya melanjutkan pencarian untuk mencari cara untuk menggabungkan, mengatur, dan membuat daftar kontak saya, saya menemukan diri saya kembali ke dua pokok pokok: Kontak Google dan Kontak Apple. Keduanya menyimpan data mereka di awan, dan keduanya mudah dipulihkan di iPhone atau ponsel Android.

Mereka bebas (masukkan disclaimer di sini tentang bagaimana saya tahu tidak ada yang benar-benar “bebas”). Dan mereka berdua memiliki alat untuk menarik informasi dari sumber lain dan membaurkan daftar Kamu. Sayangnya, bagian deduping adalah kekecewaan besar dengan kedua aplikasi.

Google Contacts baru saja diperbarui agar memiliki tampilan dan beberapa fitur baru yang berbeda, namun sedikit cahaya pada jumlah layanan yang dapat dihubungkan dengan software untuk mengimpor dan mengatur kontak secara otomatis. Plus, untuk mengimpor kontak secara manual, Kamu harus beralih kembali ke versi lama aplikasi, karena yang baru belum dapat melakukannya.